Memandikan dan Merawat Kulit Bayi

Persiapan. Siapkan semua keperluan mandi seperti handuk, washlap, sabun mandi, pakaian ganti (bentangkan pakaian bayi dalam posisi kancing depan sudah terbuka, taburi bedak pada bagian dalam punggung pakaian bayi) dan kosmetik bayi. Siapkan air hangat (36oC-37oC) atau terasa hangat di siku tangan ibu. Jaga suhu ruang tetap hangat untuk menjaga kehangatan suhu tubuh bayi. Lepaskan baju bayi secara bertahap.

Memandikan Bayi. Sangga leher dan kepalanya, posisikan bayi seperti setengah duduk. Mulai basahi wajah, kepala ke dada, lengan, punggung, dan tungkai. Perhatikan daerah lipatan. Sabuni kepala dan badan. Gunakan washlap dan pilih sabun bayi yang tidak pedih di mata. Bilas dengan air sampai bersih, keringkan bayi dengan handuk.

Menbersihkan kelamin. Untuk bayi laki-laki, bersihkan kotoran yang ada pada kulup. Secara perlahan, dorong lembut kulit penis ke arah pangkal. Seka kotoran dengan kasa basah. Untuk bayi perempuan, bersihkan daerah kemaluan ari depan ke belakang (dari kemaluan ke arah anus) dan dapat di ulang dengan kasa yang baru. Demikian pula dengan selakangannya.

Merawat tali pusat. Bersihkan sekeliling dan bagian dasar tali pusat dengan kasa basah. Keringkan dan tutup bungkus kembali dengan kasa yg baru dan bersih. Daerah tali pusat harus tetap kering dan bersih sepanjang waktu.

Merawat kulit bayi. Gunakan bedak di daerah dada, punggung dan leher setiap habis mandi dan mengganti baju. Bedak bayi dapat membantu menjaga kesegaran kulit bayi, mencegah kelembapan dan biang keringat. Jika kulit bayi cenderung kering, gunakan lotion/pelembab bayi untuk mencegah iritasi.

Membersihkan hidung dan telinga bayi. Bersihkan lubang hidung yang bisa terlihat, dengan kapas atau cotton bud yang di basahi.  Bersihkan bagian luar telinga yang bisa dilihat, dengan kapas atau cotton bud yang di basahi atau di beri baby oil.

 

*Tips Memandikan dan Merawat Kulit Bayi

-          Usahakan mandi dilakukan secara rutin, agar bayi tidak rewel jika aktivitas ini terlewatkan

-          Gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk bayi : kadar soda lebih rendah dari sabun biasa dan tidak pedih di mata. Dan pilihlah jenis Hair & Bodywash yakni pembersih untuk rambut sekaligus tubuh bayi, karena bayi usia 0-3bulan, otot leher bayi masih lemah, sehingga bayi belum bisa menegakkan kepalanya dengan sempurna. Kecepatan dan tingkat kepraktisan dalam memandikan bayi pada usia ini menjadi pertimbangan utama.

-          Setelah mandi, balurkan minyak telon agar bayi hangat.

-          Kulit bayi baru lahir lebih sensitif dan mudah teriritasi. Gunakan kosmetik khusus bayi. Beri perhatian lebih pada bagian lipatan karena kelembapan yang berlebih.

-          Ketika hendak memakaikan bedak pada bayi, usahakan tidak mengganggu pernapasannya. Taburkan bedak di tangan, lalu secara perlahan, usapkan pada bagian yang akan di pakaikan bedak. Bila menggunakan sponge bedak, maka saat menaburkan bedak, sponge jangan di tepuk-tepuk, tapi sapukan secara perlahan dan lembut.

Tabel Problem dan solusinya

Problem Indikator Solusi*
Biang Keringat Berbentuk bintil-bintil sebesar pangkal ujung jarum pentul atau lebih kecil, berdasar merah Jangan biarkan bayi merasa kepanasan hingga berkeringat banyak.Mandikan bayi 2 kali sehari agar tubuh tetap bersih. Ganti baju bayi secara rutin bila bayi sering berkeringat, dan taburkan bedak setelah mandi atau saat ganti baju.
Bintik putih dalam mulut Tampak bintik putih kekuningan di langit-langit mulut, kadang-kadang juga terdapat pada gusi bayi. Di biarkan saja, karena akan hilang tanpa perawatan atau obat-obatan
Gigitan serangga Bagian yang tergigit tampak merah dan meninggalkan bekas Oleskan lotion antigigitan serangga khusus bayi pada bekas gigitan
Jamur Tampak kerak putih atau merah di lidah dan rongga mulut Bersihkan rongga mulut dan lidah dengan kasa steril basah. Bila perlu, berikan anti jamur (sesuai petunjuk dokter)
Jerawat bayi Tampak bintil-bintil kecil pada permukaan kulit, seperti jerawat pada orang dewasa Di biarkan saja, karena akan hilang tanpa perawatan atau obat-obatan.
Kerak kepala Tampak sisik-sisik tebal di kulit kepala Oleskan minyak bayi(baby oil) pada kulit kepala bayi yang berkerak beberapa saat sebelum mandi, agar kerak kepala mudah dihilangkan
Kulit kering Permukaan kulit terasa kasar, tidak lembut, kadang seperti ada pengelupasan kulit ari Dapat dioleskan krim bayi atau lotion bayi. Konsultasikan pada dokter anak Anda
Lecet Kulit yang lecet tampak merah dan ada luka, sering di jumpai pada selangkangan dan anus bayi Gunakan krim bayi khusus leccet pada kulit bayi
Ruam popok Kulit daerah lipatan, bagian selangkangan, dan daerah bokong tampak merah, kadang berair Bersihkan kelamin dan sekitarnya setelah buang air kecil dan besar, lalu oleskan krim anti ruam popok terutama pada daerah lipatan-lipatan (selangkangan dan bokong)